Oleh : Ethenia Novianty W
Dipengaruhi oleh perkembangan teknologi, dunia bisnis, dan marketing, internet sekarang telah menjadi suatu media yang bukan sekedar untuk mengakses informasi, melainkan posisinya telah berubah menjadi sebuah sarana untuk bisnis, melakukan promosi, dan meraup keuntungan. Terdapat beberapa cara untuk melakukan bisnis di internet, bisnis ini tidak hanya sekedar menjual produk seperti layaknya online shopping, tetapi juga mencakup affiliate program atau program afiliasi. Affiliate program adalah suatu program yang dapat mendapatkan penghasilan yang dibuat oleh suatu perusahaan / situs dengan mekanisme yang hampir sama, yaitu melalui adanya iklan berupa banner dan sejenisnya yang dipasang di halaman situs publisher atau anggota dari affiliate program tersebut.
Google Adsense
Salah satu affiliate program yang sangat terkenal dan mendunia dimiliki oleh perusahaan raksasa, Google, Inc. Dengan program adsense nya (www.google.com/adsense), Google mampu menarik jutaan orang untuk bergabung dalam program ini, sebagai publisher (Google Adsense) dan juga sebagai pengiklan (Adwords). Google Adsense terbentuk pada tahun 2003, setelah Google, Inc membeli program ini dari Oingo. Adsense menggunakan teknologi internet search untuk menyajikan iklan yang sesuai dengan konten yang ada pada halaman itu, lokasi geografis, dan faktor-faktor lainnya. Sehingga iklan yang ditampilkan adalah iklan yang relevan dengan web page yang saat itu sedang dibuka. Karena konten yang relevan itulah, maka Adsense menjadi popular.
Banyak web site yang menggunakan adsense untuk membiayai akun situs mereka, dari web site kecil yang tidak memiliki sumber pembiayaan untuk mengembangkan situs mereka dari segi advertising dll, hingga web site terkenal yang juga mendapatkan keuntungan sangat besar dengan memasang Adsense di website mereka, seperti Friendster dan Multiply. Untuk bergabung dengan Adsense tidak dipungut biaya dan hanya perlu mengisi data-data seperti username dan password pada www.google.com/adsense, menyesuaikan iklan, mendapatkan kode Javascript, dan memasang kode itu pada halaman web site. Adsense memiliki beberapa tipe, yaitu : a) Adsense for feeds, yang menjalankan RSS dan Atom feeds; b) Adsense for mobile content, yang dapat diakses melalui mobile phone dengan format mobile version web sites; c) Adsense for domains, yang pertama kali dikembangkan, mekanismenya seperti dijelaskan di awal bahwa Google menyajikan iklan pada web site dengan isinya yang sesuai dengan konten pada halaman tersebut, kemudian untuk setiap klik pada iklan di halaman oleh Adsense akan menghasilkan sekian dollar; d) Adsense for video, yaitu suatu cara yang membuat publisher dapat memasang iklan berbasis video konten dari advertising network Google.
Kemudian bagaimana cara Google Adsense bekerja? Pertama, mereka yang terdaftar dalam program Google Adsense memasukkan Javascript code yang diberikan oleh Adsense ke dalam web site mereka. Sebagai informasi, publishers atau web master dapat memfilter atau memilih iklan seperti apa saja yang boleh dimunculkan dalam halaman web mereka. Fitur ini disebut Allowed Sites Feature seperti dijelaskan dalam blog resmi Google Adsense di http://adsense.blogspot.com. Kemudian untuk contextual advertisements, server Google menggunakan semacam tempat untuk menyembunyikan halaman untuk menemukan seperangkat keywords dengan high-value. Jika keywords sebelumnya telah disembunyikan, iklan akan disajikan sesuai dengan keywords tersebut melalui Adwords bidding system. Untuk site-targeted advertisements, pengiklan memilih halaman di mana iklan tersebut akan ditayangkan, dan kemudian ia membayar sesuai dengan cost per mile (CPM), atau harga yang bersedia dibayar oleh pengiklan setiap 1000 iklan yang ditayangkan. Untuk referrals, Google menambahkan uang kepada akun pengiklan ketika pengunjung situs mendownload software yang ditunjuk maupun berlangganan pada servis yang berhubungan atau teracu. Namun, pada bulan Agustus 2008, referral program ini telah berhenti. Sedangkan advertisements berbasis search ditambahkan pada daftar result setelah pengunjung melakukan aktivitas search.
Bagaimana Google memberikan bayaran kepada publisher Google Adsense? Berdasarkan jumlah klik di iklan, jumlah klik pada sponsored atau advertisement page pada Adsense for search, dll, Google akan menghitungnya, kemudian perkembangan berapa banyak dollar yang telah dihasilkan oleh publisher dapat dicek melalui akun Google Adsense milik masing-masing publisher. Ketika jumlahnya telah mencapai $100, maka Google akan mengirimkan cek ke alamat rumah publisher. Cek ini dapat dikirimkan melalui EFT (Electronic Fund Transfer) maupun Western Union tergantung masing-masing negara. Ketika jumlah pendapatan telah mencapai $10, Google akan mengirimkan PIN (Personal Identification Number) ke alamat rumah publishers dengan tujuan untuk verifikasi akun publisher dan juga tujuan security.
Google Adwords
Seperti dijelaskan di awal, jika Google Adsense untuk publisher, maka Google Adwords untuk pengiklan / advertisers. Iklan akan ditampilkan pada halaman publishers yang kontennya sesuai, kemudian pengiklan hanya perlu untuk membayar berdasarkan biaya per klik yang harganya telah ditetapkan AdWords. Pada saat mendaftar Adwords, pengiklan membuat iklannya sekaligus memilih kata kunci, yakni kata atau frasa yang terkait dengan bisnisnya. Selain itu, iklan dari member AdWords akan muncul di Google ketika salah satu kata kunci advertiser diketikkan. Kemudian iklan akan muncul di samping halaman pencarian.
Iklan pada Adwords dapat diedit, selain itu advertisers dapat memilih format iklan yang sesuai serta menargetkan iklan ke bahasa dan lokasi geografis tertentu. Format atau komponen dalam iklan tersebut antara lain adalah : headline, lines of text, display URL, dan destination URL (http://adwords.google.com). Selain itu, tidak ada persyaratan belanja minimum atau komitmen waktu. Advertisers hanya akan ditagih ketika pengunjung mengklik iklan, bukan ketika setiap kali iklan muncul. Kecanggihan lain dari Google AdWords ini adalah karena kemampuannya dalam penargetan lokal dan regional. Iklan dapat diatur dan ditetapkan sedemikian rupa sehingga nampak hanya bagi pengunjung yang melakukan penelusuran pada kawasan tertentu, misalnya, 40 kilometer di depan pintu rumah advertisers.
Laporan mengenai performance iklan AdWords dapat dipantau melalui Summary Graphs pada Campaigns tab. Kesuksesan iklan dalam AdWords juga dapat diukur berdasarkan Ad Performance yang salah satunya melalui Ad Performance Report dan juga Keyword Performance yang di antaranya adalah clickthrough rate (CTR) dan Quality Score.
Affiliate Program Lain
Selain Google Adsense dan AdWords, terdapat juga affiliate program lain di internet, seperti : AdBrite yang didirikan pada tahun 2003. Program ini hampir sama seperti Google Adsense dan AdWords yang menyediakan program untuk advertisers dan publishers, tetapi yang sedikit membedakan adalah pada AdBrite terdapat semacam mekanisme online auction (lelang online) antara advertisers dan publishers, jadi akan terjadi semacam proser tawar-menawar antara advertisers dengan publishers. Dalam tawar-menawar itu juga akan ada yang dapat mendapatkan premium ad space tergantung dari berapa banyak ia mampu menawar dan budget untuk campaign yang bersedia untuk dia keluarkan. Kemudian, contoh lain dari affiliate program adalah Amazon associates. Program ini menampilkan iklan berupa produk yang ada di Amazon ke dalam suatu halaman web site. Amazon associates terdiri dari Links & Banners, Widgets, aStore, endless.com. dan Product Advertising API.
Chitika.com juga merupakan salah satu program affiliate. Sayangnya, program ini baru sangat terkenal dan bekerja dengan baik di US dan Canada . Chitika memiliki sistem berbeda dalam menampilkan iklan. Ia memiliki suatu mekanisme yang disebut opt-out dan opt-in dengan new click prediction technology sehingga mereka sewaktu-waktu akan menampilkan iklan dan sewaktu-waktu juga dapat tidak menampilkannya. Seperti pada program affiliate lainnya, dalam Chitika ukuran dan bentuk ad unit dapat dimodifikasi dan pilihannya cukup banyak hingga 24 ukuran yang tersedia. Satu hal lain yang menarik dari Chitika adalah Chitika Image Ads dengan brand advertisers berkelas dan CPMs atau Pay Per Impression yang tinggi.
Program affiliate lain dengan mekanisme pay per click, misalnya : atomicseek.com, casalemedia.com, doubleclick.com, fastclick.com, tribalfusion.com, dan valueclick.com.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.adbrite.com
http://www.adsense.blogspot.com
http://www.chitika.com
http: //www.google.com/adsense
https://affiliate-program.amazon.com/gp/associates/
https://www.google.com/accounts/ServiceLogin?service=adwords&cd=null&hl=in-US<mpl=adwords&passive=true&ifr=false&alwf=true&continue=https%3A%2F%2Fadwords.google.com%2Fselect%2Fgaiaauth%3Fapt%3DNone%26ugl%3Dtrue&sourceid=AWO&subid=id-et-ads
Tidak ada komentar:
Posting Komentar